Sabtu, 29 November 2014

YANG MELIPUTI WILAYAH MADURA

Pulau madura merupakan salah satu pulau yang ada di provinsi jawa timur. Hampir semua orang mengetahui pulau maduara. Dan di pulau madura itu sendirei terdapat beberapa kabupaten, tepatnya ada 4 kabupaten. Yaitu BANGKALAN, SAMPANG, PAMEKASAN, dan SUMENEP. Setiap kabupaten tersebut memiliki beberapa jenis atau kekhasan sendiri. Kehidupan maupun budayanya pun cukup berbeda, meskipun sama berada di satu pulau.
       Kabupaten bangkalan, merupakam kabupaten yang cukup familiar di kalangan masyarakat luar, terutama dengan adanya  jembatan SURAMADU yang berada di kota bangkalan. Jadi kini kota bangkaln sering di jadikan tempat objek wisata bagi masyarakat luar.Di bangkalan tedapat banyak kecamatan. Dan di setiap kecapatan itu sendiri terdapat bertbgai macam masyarakat yang memiliki watak yang berbeda, mulai dari kehidupan sosial, maupun budaya.
        
      Masyarakat yang ada di  kota bangkaaln biasanya cenderung masih bersifat tradisionalmeskipun masih ada juaga dari mereka yang sudah bersifat modern.Biasanya masyarakat bangkaln sangan memegang nilai maupun budaya yang ada di daerah tersebut.Miasalanya dahulu kala nenek moyang mereka sangat tidak menyukai perupahan.Sehingga mereka mengangagap perupakan sesuatu yang berbahaysa bagi mereka. Mengenai watak kebanyakan msyarakat bangkaln memiliki sifat pemberani
      Sifat berani,dan keras sudah menjadi turun temurun sdaolam kalamgan masyarakat itu sendiri. Masyarakat kota bangkalan tidak suka apabila ada seseorang saudara baik atau dekat mereka di hina atau diluakai oleh orang lain. Karena ,merka mempunyai sifat  setia terhadap teman maupun saudara dekat mereka sendiri. Se3hingga bila satu terluka maka semua harus terluka. Seperti itulah sikap yang mayoritas atau prinsip yang ada pada masyarakat yang ada di pulau madura..


       Kehidupan sosial mereka juga cukup kuat. Biasanya dipedesaan citra seseorang sangat penting, contoh jika seseorang kerap kali menunjukkan sifat yang tidak baik, maka akan selamanya seseorang itu akan di anggap tridak baik. Bahkan sering menjadi bahan perbincangan.Namun pada kegiatan sosial seperti gotong royong, mereka sangat menjalankan dengan baik. Seperti membersihaka selokan, membangun masjid dan lain sebagainya. Namun berbeda pada masayarakat pedesaan mereka cenderung bersifat individual.Dalam kehidupan ekonomi bisa dikatan standart atau rata..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar