Minggu, 30 November 2014

PUTRI YANG SUKA MENDENGAR CERITA

ada seorang putri raja . ia suka mendengar cerita . tiap hari ada orang datang untuk bercerita . suatu hari , seorang pemuda datang. ia menegur putri raja. " anda seorang putri raja tidak pantas menyia-nyiakan waktu. banyak tugas yang harus di kerjakan . rakyat bekerja keras . tuan putri malah enak-enakan mendegar cerita . masih banyak yang bisa tuan putri kerjakan . tuan putri lebih baik belajar .

putri raja sangat marah mendengar kata-kata pemuda itu. ia memerintahkan prajurit untuk menangkapnya  . namun , malam harinya itu ia tidak bisa tidur. ia merasakan kebenaran kata-kata itu , keesokan harinya ia membebaskan si pemuda . pemuda itu di suruh menghadapnya. " siapakah kamu sebenarnya ? mengapa kamu berani menegur ku ?" tanya sie putri raja.
"hamba adalah warga kerajaan . hamba brani menegur karena pertama , tak ada orang lain yang mau meneggur tuan putri , kedua teguran itu untuk mendatangkan kebaiakan , ketiga teguran itu dinyatakan dalam sikap yang baik,"jawab sie pemuda tersebut...
"kalau aku tetap marah, bagaimana?" tanya sie putri raja.
"setiap tindakan pasti ada resikonya . apabila berbuat jahat, ada risikonya . orang bijaksana dapat membedakan nasihat yang baik dan yang tidak baik," jawab sie pemuda tersebut .
kemudian , tuan putri membebaskan pemuda itu. hari itu juga ada pengumuman. tidak perlu lagi orang ke istana untuk bercerita . sang putri memutuskan untuk menghentikan kebiasaanya. selanjutnya , ia mulai belajar urusan ketatanegaraan . ia juga melakukan pekerjaan-pekerjaan sosial .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar